Rabu, 06 Juni 2012

Beda Pemimpin dan Manajer


diskursus tentang perbedaan manajer dan pemimpin memang tidak ada habisnya. salah satu sebabnya adalah, satu peran tersebut tidak mungkin dilakukan tanpa keberadaan peran yang lain. pemimpin yang tidak bisa mengelola (to manage) akan gagal dalam kepemimpinannya, sementara manajer yang tidak bisa memimpin (to lead) akan gagal dalam aktivitas manajerialnya.
pemimpin biasanya dicirikan dengan tingkat pengaruhnya, atau kewibawaannya atau kharismanya. dan tidak harus memberikan pengaruh baik. jadi, pemimpin yang jahat juga ada. pemimpin itu menginisiasi sesuatu yang baru, memberi kreativitas pada pola-pola lama yang ada. pemimpin juga ada untuk menginspirasi orang-orang yang dipimpinnya, serta mengembangkan kemampuan orang-orang tersebut. jadi, pemimpin fokus pada manusia.
salah satu tugas manajer adalah mengelola, karena itu biasanya manajer mempertahankan pola atau standar yang sudah ada. boleh dibilang manajer itu meniru. manajer lalu membuat sistem yang stabil, agar dalam organisasi bisa merekrut, mempertahankan dan mengembangkan orang-orang terbaik yang ada. jadi, manajer berfokus pada sistem/aturan main yang dibuat.

pemimpin selalu bertanya apa dan mengapa, sedangkan manajer selalu bertanya bagaimana caranya dan kapan. pemimpin melakukan hal-hal yang benar, sedangkan manajer melakukan hal-hal dengan benar. tugas manajer adalah merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan, melakukan kontrol dan mengevaluasi. manajer dipilih melalui jalur formal, sedangkan pemimpin dipilih melalui mekanisme kontrak sosial.
manajer bertanggung jawab kepada atasannya, pemimpin bertanggung jawab akan orang-orang yang dipimpinnya. manajemen berkutat dengan penyempurnaan sistem proses yang ada, sedangkan kepemimpinan berkutat dengan bagaimana melaksanakan perubahan.
saya ingin menekankan bahwa, tidak selamanya manajer buruk dan pemimpin adalah baik. kombinasi dan campuran yang tepat di antara keduanya, sangat dibutuhkan dalam organisasi, pada berbagai tingkat jabatan yang berbeda-beda.

1 komentar:

  1. mkasih dika info matkul leadership, ini langsung dari bu edt ?? kok blog nya dika gak bisa diikutin yah ??

    BalasHapus