Rabu, 07 Maret 2012

Lima Gol Lionel Messi Pecahkan Rekor

Lionel Messi tak henti-hentinya masuk buku rekor. Pemain Terbaik Dunia dalam tiga tahun terakhir itu menghadirkan sejarah anyar di Liga Champions dengan sumbangan lima gol bagi Barcelona saat melumat Bayer Leverkusen 7-1 di second leg 16 besar, Rabu (7/3) malam.

Jumlah itu baru pertama kalinya muncul bagi seorang pesepakbola sejak ajang terelite antarklub Eropa tersebut memasuki era baru pada 1992.


Sebelum La Pulga, terdapat sepuluh pemain yang mampu lima kali merobek jala lawan dalam satu pertandingan, tapi itu terjadi ketika kejuaraan masih bernama European Cup.

Mereka adalah Ove Olsson (Gothenburg, 1959/60), Bent Lofqvist (Boldklubben, '61/62), Jose Altafini (AC Milan, '62/63), Ray Crawford (Ipswich Town, '62/63), Nikola Kotkov (Lokomotiv Sofia, '64/65), Florian Albert (Ferencvaros, '65/66), Paul van Himst (Anderlecht, '66/67), Gerd Muller (Bayern Muenchen, '72/73), Claudio Sulshers (Grasshopers, '78/79), serta Soren Lerby (Ajax Amterdam, '79/80).

Kendati begitu, mayoritas dari sepuluh nama di atas membukukan torehan mereka di putaran kualifikasi, di mana level tim yang berlaga umumnya amat jomplang.

Angka ini sekaligus merupakan penajaman rekor Messi sebelumnya ketika memborong empat gol Barcelona dalam kemenangan 4-1 atas Arsenal di Liga Champions musim 2009/10, yang menyamai catatan sosok beken seperti Alfredo Di Stefano, Ferencs Puskas, dan Marco van Basten. Raihan tiga legenda itu diukir di era European Cup.


Total gol Messi musim ini yang telah menyentuh angka 12 pun sudah sejajar dengan rekor topskorer UCL dalam semusim milik dirinya pada musim lalu dan Ruud van Nistelrooy pada 2002/03.

Tak mustahil rekor pencetak gol terbanyak dalam semusim pun dipecahkan Messi mengingat Barca, yang mendepak Leverkusen dengan agregat 10-2, minimal masih masih akan melakoni dua laga babak perempat-final.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar